15 Jenis Pakan dan Ekstra Fooding Terbaik Untuk Pleci

15 Jenis Pakan dan Ekstra Fooding Terbaik Untuk Pleci

Jika saat ini Anda sedang memelihara Pleci, sudah pasti harus mengetahui jenis pakan apa saja yang cocok untuk peliharaan Anda. Jangan sampai karena salah memberikan makanan mengakibatkan burung Pleci menjadi sakit atau justru mati. Pada artikel ini akan membahas 15 jenis pakan dan ekstra fooding terbaik untuk pleci. Dan jangan lupa Anda juga harus mengetahui jenis-jenis pleci.

Untuk pemberian pakan pleci tidaklah berdampak bagus apabila diberikan dengan sembarangan, walaupun makanan Pleci harian tersebut  sangat bergizi. Kita perlu mengatur takaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing burung dan daya cerna burung kacamata tersebut.

Umumnya makanan atau pakan burung pleci sebagian besar adalah buah-buahan dan sayuran, karena kedua bahan ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan pleci. Berikut ini adalah 15 jenis pakan dan ekstra fooding terbaik untuk pleci.

15 Jenis Pakan dan Ekstra Fooding Terbaik Untuk Pleci

1. Voer

voer untuk pleci

Kebutuhan pakan yang mengandung protein memang sangat dibutuhkan burung, seperti banyak burung lain Pleci juga membutuhkan pakan kering seperti voer untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi tidak semua voer berkualitas bagus yang ada di pasaran, banyak voer dengan kualitas standar hanya mengandung sedikit nutrisi dan terlalu banyak karbohidrat yang hanya membuat Pleci gemuk.

2. Ulat Hongkong

ulat hongkong untuk pleci

Ulat Hongkong adalah salah satu pilihan terfavorit dari burung pemakan serangga, ulat hongkong dipercaya dapat meningkatkan stamina burung, oleh karena itu sangat dianjurkan memberikan ulat hongkong untuk mempersiapkan Pleci yang akan mengikuti lomba.

Ini ada tips agar ulat hongkong tidak terlalu berbahaya :

“Ulat Hongkong (UH) diberi makan dengan kunyit. Caranya kunyit dipotong kecil-kecil kemudian simpan pada tempat UH sebagai makanannya. Kunyit yang telah dikonsumsi oleh Ulat dapat menurunkan kolesterol, antibiotic, serta untuk menambah nafsu makan burung.”

3. Kroto

kroto untuk pleci

Sumber protein hewani terbaik menurut banyak orang adalah kroto, karena dapat meningkatkan birahi Pleci tetapi dengan kadar yang tepat, akan mempercepat Pleci buka paruh dan ngalas. Berikan kroto setengah sendok teh sehari untuk mendorong birahi kicauan Pleci itu sendiri.

4. Jangkrik

Seperti kebanyakan burung pemakan serangga, Pleci juga membutuhkan jangkrik untuk meningkatkan stamina dan kualitas suara mereka. Banyak orang percaya jika jangkrik akan membuat suara Pleci lebih lantang, tetapi ada banyak kasus Pleci yang tidak menyukai jangkrik, oleh karena itu sajikan jangkrik sejak dini agar Pleci terbiasa memakan jangkrik. Jangkrik mengandung 60% protein, lemak, karbohidrat, asam amino, hormon stretoid, dan lain-lain, tetapi jangkrik juga dapat menyebabkan Pleci over birahi. Oleh karena itu, kita perlu tahu takaran yang tepat untuk mendapatkan hasil sempurna.

5. Madu

Madu banyak sekali manfaatnya, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya bermanfaat menambah stamina pada burung serta menjernihkan suara pada burung kesayangan Anda. Pemberian yang berlebihan juga tidak baik, untuk Pleci jika menyajikan madu terlalu sering, efek terhadap burung jadi tidak mau makan buah-buahan. Disarankan untuk berikan madu hanya satu kali dalam seminggu, bisa ditaruh di cepuk atau dioleskan pada buah pisang.

6. Apel Merah

Meski terbilang agak mahal dibandingkan buah lain, buah yang satu ini baik diberikan kepada burung Pleci karena memiliki banyak manfaat. Kandungan air dalam apel merah dapat memenuhi kebutuhan air pada burung Pleci akibat sering terkena sinar matahari dan cuaca yang panas sehingga dehidrasi dapat dicegah.

Tingginya antioksidan juga berperan dalam peningkatan daya tahan tubuh pada burung Pleci, terlebih jika burung dalam keadaan tingkat stres yang tinggi. Apel merah dapat diberikan sebagai variasi makanan untuk burung Pleci Anda di rumah, akan sangat baik jika diberikan pada saat cuaca panas.

7. Pisang Kepok

pisang kepok untuk pleci

Dari sekian banyak jenis pisang, pisang kepok adalah yang paling bagus untuk burung Pleci. Pisang kepok tidak mudah busuk, setidaknya dapat bertahan selama 2 hari. Pilih pisang yang sudah matang agar memudahkan burung saat memakannya, hal ini karena tekstur pisang yang matang lebih lembut sehingga tidak mengganggu pencernaan burung. Usahakan tetap menjaga kebersihan makanan dengan mencuci pisang terlebih dahulu.

Buah pisang adalah jenis makanan burung Pleci yang paling sering diberikan karena selain harganya murah dan mudah didapat, pisang juga banyak mengandung vitamin A dan karbohidrat, 2 kandungan zat ini tentu baik bagi perkembangan burung Pleci.

8. Pepaya

Jenis makanan lainnya yaitu dengan memberikan buah pepaya untuk burung Pleci. Pepaya yang banyak mengandung vitamin dan mineral akan memberikan nutrisi yang cukup. Jika burung Pleci sedang mengalami stres dan gangguan pencernaan, maka berikan pepaya setiap hari sebagai salah satu terapi untuk menghilangkan masalah tersebut.

Baca Juga : Perbedaan Pleci Jantan & Betina

9. Sawo

Buah musiman yang satu ini juga dapat dijadikan makanan untuk burung Pleci, namun jangan terlalu sering memberikannya sebagai makanan, cukup 1 kali seminggu. Sawo dapat merangsang burung Pleci agar mengeluarkan suara. Berikan sawo yang telah matang dengan tekstur yang tidak terlalu keras, serta pisahkan dengan getahnya.

10. Jeruk

Buah jeruk merupakan jenis pakan burung Pleci yang baik untuk menetralisir racun serta memberikan efek dingin saat cuaca sedang panas. Selain itu sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

11. Lengkeng

Buah Lengkeng  yang manis sangat baik untuk meningkatkan stamina burung Pleci yang sedang dalam kondisi lemah dan stres. Dengan mengkonsumsi lengkeng, energi akan cepat pulih dan mabung dapat teratasi.

12. Wolfberry

wolfberry untuk pleci

Buah wolfberry atau yang disebut juga dengan gojiberry ini hanya bisa Anda beli di supermarket, karena merupakan buah impor sehingga agak sulit mendapatkannya.

13. Tomat

Sama halnya dengan sawo, tomat hanya baik dimakan oleh burung Pleci 1 minggu sekali saja. Kandungan vitamin C dalam tomat dapat meningkatkan sistem imun dan menjernihkan suara burung Pleci.

14. Mentimun

Manfaat mentimun sebagai makanan burung Pleci adalah mampu mengatasi burung yang sedang dalam keadaan mabung dan berkhasiat bagi tumbuhnya bulu yang kuat dan sehat.

15. Wortel

Manfaat wortel sebagai salah satu jenis pakan burung Pleci sama halnya dengan mentimun, yaitu dapat membantu pertumbuhan bulu lebih indah, cerah dan berkilau. Sangat baik diberikan bagi burung Pleci yang memiliki bulu kusam dan tipis.

Demikian 15 jenis pakan dan ekstra fooding terbaik untuk pleci.

15 Jenis Pakan dan Ekstra Fooding Terbaik Untuk Pleci pakan pleci harian berkualitas agar cepat gacor rajin bunyi juara lomba import membuat meracik racikan pakan doping

Baca Juga

2 thoughts on “15 Jenis Pakan dan Ekstra Fooding Terbaik Untuk Pleci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *