Cara Ini Dijamin Berhasil Untuk Lovebird Cepat Bertelur

Cara Ini Dijamin Berhasil Untuk Lovebird Cepat Bertelur

Cara ini Dijamin Berhasil Untuk Lovebird Cepat Bertelur – Dalam beternak lovebird tentu Anda menginginkan si betina segera bertelur agar bisa segera menghasilkan anakan untuk menjadi koleksi lovebird Anda, dan tentu pula untuk mendatangkan pundi-pundi uang dari hasil beternak lovebird. Namun, tak sedikit peternak lovebird yang mengalami kesulitan dalam menangkar burung paruh bengkok ini, salah satunya adalah lovebird betina yang tidak kunjung bertelur padahal usianya sudah cukup atau sudah waktunya untuk bertelur.

TEBOK LOVEBIRD

Berikut cara ini dijamin berhasil untuk lovebird cepat bertelur. Solusi ini juga dapat diterapkan untuk mengatasi problem burung betina yang tak kunjung bertelur, meski sudah dikawini burung jantan :

1. Memasang Lampu Full Spektrum Dalam Kandang Penangkaran

Mengapa harus menggunakan lampu jenis full spektrum? Lampu ini memiliki spektrum yang mendekati spektrum sinar matahari, sehingga sangat bermanfaat tidak hanya bagi manusia, melainkan juga mahluk hidup lainnya seperti burung dan tumbuhan.

2. Pemasangan Sarang Kotak / Gelodok

Sarang kotak atau yang biasa disebut gelodok adalah tempat lovebird meletakkan telur dan mengerami telurnya. Gelodok yang ideal untuk lovebird harus memiliki lubang pintu, dengan diameter sesuai dengan ukuran tubuh burung. Bagian dalamnya tidak terlalu sempit, juga tidak terlalu luas.

Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang, dengan ketebelan 2,5 cm. Lovebird biasanya akan mengatur ulang pembuatan sarangnya dengan membuang sebagian serutan kayu yang sudah disediakan tersebut.

3. Menempatkan Pasangan Lovebird Lain Dalam Satu Ruangan

Cara ini cukup efektif karena suara dari betina lovebird lain yang sedang bertelur akan memancing lovebird betina yang belum bertelur untuk segera kawin dan bertelur. Tempatkan dalam satu ruangan bersama pasangan lainnya yang berbeda kandang.

4. Mengganti Pakan Lovebird

Lovebird betina yang tak kunjung bertelur bisa disiasati dengan perubahan menu makanannya. Sebagai contoh, berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina supaya cepat bertelur. Beberapa makanan yang kami sarankan antara lain : tauge, biji kwaci, kangkung, atau tulang sotong.

5. Menyediakan Suplemen Khusus Burung Penangkaran

Yang terakhir adalah pemberian suplemen untuk merangsang birahi Lovebird. Selain bisa meningkatkan birahi burung jantan dan betina sejak awal proses penjodohan hingga bertelur, pemberian suplemen juga akan meningkatkan persentase telur fertil dan meningkatkan daya netas telur, serta dapat membantu menjaga kesehatan anakan yang baru menetas.

Beberapa tanda lovebird mau bertelur

Kalau sudah kawin, tugas kita sekarang adalah menunggu burung bertina bertelur. Berikut ini beberapa tanda lovebird betina bakal segera bertelur :

  • Beberapa hari setelah kawin, sediakan potongan kertas koran ke dalam kandang. Kertas koran ini dapat dijadikan alat bantu untuk mendeteksi apakah lovebird betina mau bertelur. Jika mau bertelur, induk betina akan menyobek kertas, lalu menyelipkannya di bagian sayap.
  • Kalau Anda melihat perilaku seperti itu, segera siapkan sarang dan bahan sarang di dalamnya.
  • Waktu yang dibutuhkan induk betina untuk bertelur, sejak dikawini burung jantan, sekitar 10 hari. Selama itu pula, Anda harus menyiapkan pakan berprotein tinggi dan kalsium.

Demikian tips singkat mengenai cara ini dijamin berhasil untuk lovebird cepat bertelur, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *